IBX59EBC1209EF42 Tips Mudah Mengetahui Masa Subur Untuk Wanita - TWOCRUTEX

Tips Mudah Mengetahui Masa Subur Untuk Wanita

Apa Anda masih bingung atau belum begitu memahami apa itu masa subur dan cara mengetahuinya? Nah, dalam kesempatan yang menarik ini, akan dijelaskan secara detail cara bagaimana untuk mengetahui masa subur tersebut. Yang mana sebelumnya untuk mengetahui hal demikian Anda sebagai wanita tentunya dapat melakukan cara yang manual alias dengan adanya usaha dari Anda sendiri, ataupun juga bisa dengan bantuan alat seperti alat tes kehamilan atau melakukan pemeriksaan yang lebih medis. Dimana masa subur itu sendiri maksudnya adalah masa atau fase yang biasanya paling sangat dinantikan oleh pasangan suami istri. Mengapa demikian? Karena pada masa atau fase subur tersebut, biasanya peluang untuk untuk terjadinya kehamilan sangatlah besar disaat Anda dan juga pasangan Anda melakukan hubungan suami isteri. Dan untuk siklusnya sendiri pun memang tidak sama pada setiap individu, sebab siklus dari haid ataupun menstruasi pada wanita tentunya juga pasti berbeda.

Lantas, apa itu masa subur? Masa subur wanita adalah masa yang mana adanya sebuah siklus yang terjadi pada saat ovum sudah benar-benar matang dalam artian sudah siap untuk pambuahan. Dan pada saat masa-masa itulah prosentase menyebabkan terjadinya kehamilan. Namun, masa ini cuma akan berlangsung selama waktu 12-24 jam untuk setiap bulannya. Oleh sebab itu, untuk Anda yang ingin mendapatkan moment yang paling pas tentunya Anda harus dapat menghitung masa subur wanita Anda setelah haid beberapa hari. Anda dapat menggunakan kalkulator masa subur untuk memudahkan Anda menghitungnya. Dan untuk cara yang lebih lengkapnya lagi, silahkan Anda simak cara-caranya dibawah ini :

Berdasarkan Siklus Menstruasi

Dalam hal ini terdapat adanya dua metode untuk menentukan dimana masa ovulasi memakai atau menggunakan sistem kalender, yakni berdasarkan dengan siklus menstruasi teratur dan tidak yang tidak teratur.

Siklus Menstruasi Teratur

Yang mana siklus ini menjelaskan terjadinya ovulasi atau yang biasa disebut pelepasan sel telur yang terjadi biasanya 14 hari sebelum hari pertama adanya siklus haid yang berikutnya. Untuk perhitungan hari pertama haid dapat ditentukan jika darah yang keluar deras pada hari tersebut, dan tepatnya sebelum pukul 24:00. Tapi, apabila yang keluar hanya berupa semacam bercak darah saja itu berarti belum bisa dihitung sebagai hari pertama datangnya haid. Dan berapa pun lamanya siklus haid yang dialami seorang wanita, menstruasi akan selalu terjadi pada hari ke-14 setelah ovulasi. Jika mau menetukan masa ovulasi, maka untuk siklus haid sendiri selalu dikurang 14.

Dan untuk menetukan masa ovulasi dengan sistem kalender juga dapat ditentukan bagi wanita yang memiliki siklus menstruasi teratur dengan adanya onterval waktu 22-35 hari. Cara menghitungnya pun mudah, jia seorang wanita memiliki sikulus menstruasi selama dalam hitungan 28 hari, maka waktu dari ovulasi atau masa suburnya tersebut jatuh pada hari yang ke-14 sebelum menstruasi yang berikutnya. Hasill ini diperoleh dari hitungan 28 dikurangi 14.

Untuk contoh siklus menstruasi wanita selama 35 hari adalah 35-14=21 maka dari itu masa suburnya pun jatuh pada hari ke 21 sebelum menstruasi yang berikutnya.

Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Untuk wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur ini lumayan sulit untuk menetukan masa ovulasi atau masa suburnya. Namun, semua itu dapat saja disiasati dengan menggunakan metode dibawah ini :

Metode diatas tentu saja tidak dapat digunakan apabila jarak menstruasi wanita itu terbilang cukup jauh dari segi perbedaanya.

Sistem Pengukuran Suhu Tubuh

Prinsip dari metode yang berdasarkan pengamatan juga mengatakan bahwa ketika  terjadinya pelepasan sel telur, maka suhu tubuh bisa sedikit meningkat. Pengukuran untuk suhu tubuh sendiri dapat dilakukan pada waktu pagi sehabis bangun tidur dan sebelum bangkit dari tempat tidur tersebut serta sebelum makan dan juga minum. Hasil yang didapat dari cara mengukur suhu tubuh ini yaitu dapat mengetahui bahwa hubungan seks dapat dilakukan dengan aman setelah 3 hari terjadinya peningkatan dari suhu tubuh.

Demikian penjelasan lengkapnya tentang bagaimana cara untuk mengetahui masa subur pada wanita. Namun, jika Anda merasa cara tersebut lumayan rumit, Anda tentunya dapat menggunakan kalkulator masa subur saja untuk cara yang lebih mudahnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *