IBX59EBC1209EF42 Dua Pilihan Generator Darurat - TWOCRUTEX

Dua Pilihan Generator Darurat

Selain mentukan generator berdasarkan daya yang dihasilkan, ada dua jenis genset yang dapat dipilih. Kedua pilihan tersebut adalah genset portabel dan genset standby.

Generator Portabel

Generator portabel dengan kabel pemanjang merupakan sistem daya cadangan yang paling sederhana. Ini termasuk ke dalam golongan harga genset murah. Dalam menggunakan genset ini harus menjaga jarak setidaknya 10 kaki dari rumah demi menghindari keracunan karbon monoksida.

Metode paling dasar untuk memasok daya cadangan adalah dengan menjalankan genset portabel di pekarangan rumah. Kemudian pasang kabel pemanjang yang terpasang ke perangkat Anda. Ini juga merupakan solusi paling murah karena tak perlu mempekerjakan tukang listrik untuk memasang sub panel. Kekurangannya adalah Anda memerlukan pemanjang kabel di setiap perangkat yang akan dinyalakan. Dan Anda memiliki keterbatasan seberapa banyak benda elektronik yang akan dipasang sekaligus. Sebagian besar generator hanya memiliki dua atau empat stop kontak. Anda juga harus menyalakan dan menjaga agar genset tetap menyala.

Ketika listrik mati, tempatkan genset pada permukaan datar di luar rumah. Jangan letakkan genset di bawah kanopi, carport atau pun di dalam rumah atau garasi. Sangat penting untuk meletakkan genset jauh dari rumah dan terutama dari pintu dan jendela. Ini menyangkut nyawa, karena banyak orang mati akibat keracunan karbon monoksida dari mesin genset.

Sebaiknya pasang detektor karbon monoksida ketika menggunakan genset portabel. Karena alat tersebut akan memberikan peringatak ketika buangan genset mencapai tingkat yang membahayakan di dalam rumah.

Kabel pemanjang setidaknya 14 meter untuk dapat mengalirkan daya yang memadai. Ikuti tingkat maksimum daya yang bisa digunakan pada kabel. Nyalakan genset, kemudian pasang kabel pemanjang. Hati-hati jangan memberikan beban berlebih pada genset dengan memasang perangkat elektronik dengan daya tinggi. Hal tersebut akan memutuskan sekring atau merusak motor dari perangkat elektronik.

Harga genset portabel berada pada kisaran Rp 6 juta untuk daya sekitar 2.500 watt hingga Rp 20 juta untuk daya 10.000 watt. Beberapa genset hanya dapat bertahan beberapa jam saja, sehingga Anda harus menambahkan bahan bakar untuk menjaganya tetap menyala. Sementara beberapa genset lain dengan kapasitas 16 galon bahan bakar dapat bertahan hingga 10 jam.

Genset Standby

Genset standby akan otomatis menyala ketika listrik mati. Sehingga Anda tak perlu repot menyalakannya secara manual. Ini merupakan pilihan yang terbaik jika sering mati listrik dan ingin perangkat elektronik tetap menyala seperti biasa.

Kebanyakan genset stanby cukup kuat untuk menjalankan pendingin ruangan central, perangkat dapur dan benda-benda elektronik besar lainnnya secara serentak. Genset tersebut juga tak bising jika dibandingkan genset portabel. Anda tak perlu khawatir mengenai kabel yang kependekan atau mengisi bahan bakar. Kekurangan genset ini adalah harganya yang mahal. Anda perlu memiliki genset, saklar transfer dan subpanel yang dipasang secara profesional.

Saklar transfer akan secara konstan memantau daya. Jika listrik mati, saklar tersebut akan menyalakan genset secara otomatis, bahkan saat Anda tak berada di rumah. Ketika daya kembali menyala, saklar akan mematikan genset tersebut.

Genset standby terhubung dengan pasokan bahan bakar rumah. Jika Anda belum memiliki saluran bahan bakar ini, maka pasang tangki bahan bakar.

Kisaran harga genset standby adalah antara Rp 67 juta untuk kapasitas daya 7.000 watt. Sementara untuk kapasitas daya 30.000 watt dibutuhkan dana lebih dari Rp 200 juta. Ukuran yang lebih besar dari kapasitas tersebut biasanya tersedia melalui pemesanan khusus ke pabriknya.

Anda bisa mengecek ke beberapa toko online atau industri pembuatan genset yang jual genset murah untuk membeli genset sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *