IBX59EBC1209EF42 Diare Pada Anak Bisa Berujung Maut, Jangan Remehkan - TWOCRUTEX

Diare Pada Anak Bisa Berujung Maut, Jangan Remehkan

Diare adalah salah satu penyakit yang biasanya sering di remehkan dan di anggap gampang oleh sebagian orang yang jika dibandingkan dengan penyakit demam berdarah atau typus. Padahal perlu Anda ketahui bahwasanya apabila Anda terlambat dalam menindaki penyakit ini maka bisa saja menyebabkan penderitanya mengalami dehidrasi, yang bisa mengakibatkan kematian. Tentu saja diare yang terjadi pada anak-anak terbilang lebih mengerikan lagi. Mengapa demikian? Karena diare yang terjadi pada anak-anak tercatat sebagai pemicu kematian nomor satu.

Yang mana pada anak-anak itu sendiri penyakit diare ini sangatlah rentan terjadi. Baik disebabkan oleh adanya makanan yang tidak sehat masuk kedalam mulutnya dan bisa juga karena pola hidup kurang sehat yang diterapkan oleh orang tuanya sendiri. Karena anak-anak tentunya belum bisa memilih jenis makanan mana yang bersih dan makanan mana yang sehat. Apalagi jika anak itu sering makan jajanan di pinggir jalan yang kurang higienis sehingga itu menjadi salah satu penyebab diare paling umum terjadi pada anak-anak.

Akibat dari bakteri berbahaya dari makanan yang kurang higienis tersebut lah yang dapat dengan mudah memicu terjadinya diare pada anak-anak sehingga dapat menimbulkan infeksi dan gangguan pencernaan pada anak tersebut. Yang mana anak-anak sendiri sangat mudah mengalami dihedrasi pada saat mereka mengalami diare. Seperti itulah penjelasan yang disampaikan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan, dr. Lily Sulistyowati.

“Diare bisa berpotensi memicu kematian nomor satu pada anak. Alasannya karena pada anak-anak, saat diare terjadi, cairan di tubuhnya akan langsung hilang dengan cepat,” kata dr Lily seperti dilansir laman VIVA.co.id.

Saat sakit anak sulit diminta minum dengan jumlah banyak. Padahal tubuhnya membutuhkan penggantian cairan secepatnya usai dikeluarkan.

“kebutuhan cairannya yang hilang, enggak tergantikan,” tambah Lily lagi.

Dehidrasi yang terbilang akut membuat kondisi anak semakin menurun, dan seharusnya segera dibawa ke rumah sakit agar dapat diberikan cairan pengganti dengan cara di infus. Jika tidak, tubuh manusia yang 70 persennya adalah cairan itu akan mengalami kegagalan fungsi. Dapat mengakibatkan kematian jika terlambat ditangani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *